Senin, 24 April 2017

Cara Membuat DropDown List di Excel

Cara Membuat DropDown List di Excel

Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat drop down listSaat kita mengisi form atau kuesioner, kita sering menjumpai menu dropdown list, dimana kita tinggal memilih jawaban yang telah disediakan untuk sebuah pertanyaan. Misalnya pertanyaan "Jenis Kelamin", penyaji pertanyaan biasanya sudah menyiapkan jawaban yang dapat kita pilih untuk menjawab pertanyaan tersebut agar kita tidak mengisinya dengan berbagai macam jawabaan yaitu pria-wanita, laki-laki-perempuan, dll. Maka dari itu Tujuan dari menu dropdown ini adalah untuk menyeragamkan jawaban atau data yang ingin diperoleh dari pengisi form atau kuesioner tersebut.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi langkah-langkah membuat DropDown List pada Ms. Excel
  1. Siapkan daftar pertanyaan yang ingin dibuat.
  2. Pada kesempatan kali ini, kita akan membuat pertanyaan "jenis kelamin" dan "pendidikan terakhir"
  3. Buatlah list jawaban untuk "jenis kelamin" pada tabel di sekitar pertanyaan, kemudian arahkan kursor pada tempat list akan di buat, lalu klik menu Data Validation>Data Validation... Maka akan muncul kotak dialog Data Validation
  4. Pilih menu Setting, kemudian pilih List pada kriteria Allow, kemudian sorot cell yang berisi daftar list pada kriteria Source
  5. Klik OK
  6. Lakukan hal yang sama pada pertanyaan "pendidikan terakhir". Usahakan daftar jawaban list berada pada kolom yang sama
  7. Kemudian Hide kolom yang berisi jawaban list dengan cara mengklik kanan pada mouse, kemudian pilih Hide.
  8. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.

Terima kasih,Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar